Media Konvensional di Indonesia Menuju Senjakala

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 01/02/2021 11:17 WIB
Pengguna Media Konvensional di Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Penikmat media konvensional di Indonesia makin menurun dari semester-I 2019 ke semester-I 2020 berdasarkan data GlobalWebIndex. Hal tersebut berlaku bagi penonton televisi, pendengar radio, pembaca koran, dan pembaca majalah.

Pada semester I-2019, penonton televisi Indonesia masih mencapai 93,3% dari total responden. Tetapi setahun setelahnya di semester yang sama, penonton media tersebut menurun menjadi 90,7%. Sementara itu, majalah dengan pangsa pasar terendah juga mengalami kemerosotan jumlah pembaca. Dari 51,3% pada semester I-2019 menjadi 44,4% pada semester II-2020.

Penyusutan jumlah pengguna media konvensional berbanding terbalik dengan durasi penggunaan media digital. Durasi pengguna ponsel, laptop-tablet, dan media sosial bertambah dari semester I-2019 ke semester I-2020.

(Baca: 20 Produk dengan Pertumbuhan Kesadaran Merek Tertinggi Global)

GlobalWebIndex melakukan survei pada pengguna internet berusia 16-64 tahun yang tersebar lebih dari 40 negara. Tiap negara setidaknya diwakili 1.250 responden, kecuali Tiongkok dan Amerika Serikat yang menjaring hingga 25.000 responden.

Data Populer
Lihat Semua