10 Kecelakaan Pesawat Terburuk di Asia

Jumlah Korban Meninggal dalam Kecelakaan Pesawat Terburuk di Dunia

Sumber : Aviation Safety Network (ASN), 11 Januari 2021

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

12/1/2021, 15.13 WIB

Dalam laman Aviation Safety Network (ASN), terdapat 10 peristiwa kecelakaan terburuk di Asia. Kecelakaan terbesar terjadi pada 1985 silam. Pesawat di bawah naungan Japan Air Lines (JAL) dengan nomor penerbangan 123 itu menabrak punggung bukit Osutaka. Kecelakaan yang ditengarai karena lepasnya ekor pesawat menewaskan 520 dari 524 orang, seperti dikutip dari Japan Times.

Indonesia masuk dalam daftar kejadian nahas dunia penerbangan di Asia. Pesawat Garuda Indonesia Airbus A300-B4 itu jatuh di Deli Serdang, Sumatra Utara pada 1997 lalu. Sebanyak 234 orang, baik penumpang maupun awak kabin dinyatakan meninggal.

(Baca: Lima Penyebab Kecelakaan Pesawat di Dunia)

Daftar kecelakaan pesawat dalam ASN termasuk peristiwa yang disebabkan tindakan kriminal dan tabrakan. Tetapi daftar tersebut tak menghitung kecelakaan yang terjadi di dasar tanah (ground).

Kecelakaan pesawat kembali terjadi pada Sabtu (9/1) lalu. Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak di atas perairan Kepulauan Seribu. Angkutan udara tersebut membawa 62 orang yang terdiri atas 56 penumpang dan 6 awak kabin.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.