Ekonomi Amerika Serikat Lebih Baik di Tangan Presiden dari Partai Demokrat

Pertumbuhan Ekonomi Amerika Serikat Berdasar Latar Belakang Presiden

Sumber : Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, 30 Desember 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

5/1/2021, 13.00 WIB

Kinerja ekonomi presiden Amerika Serikat (AS) berbeda-beda tergantung pada latar belakang partai, sesuai pengamatan pada 1959-2019. Menurut laporan Bank Rakyat Indonesia (BRI), resesi cenderung terjadi saat dipimpin presiden berlatar belakang Partai Republik. Sebaliknya, presiden dari Demokrat mampu terhindar dari resesi ekonomi.

Rata-rata pertumbuhan ekonomi AS ketika dibawah kendali Presiden Republik mencetak 2,4%. Kondisi tersebut terjadi dalam lima periode kepemimpinan, dari 1970 hingga sekarang. Sementara itu, presiden dari Demokrat mampu mendongkrak rerata pertumbuhan ekonomi mencapai 3,3%. Hal itu terhitung dari lima periode kepemimpinan, 1962 hingga 2016.

Dalam laporannya, tim ekonom BRI mengemukakan presiden yang didukung partai Demokrat lebih baik dalam mengelola perekonomian AS. Selain itu, para pemimpin tersebut juga mampu menciptakan kondisi yang lebih kondusif di pasar keuangan.

(Baca: Investasi Amerika Serikat di Indonesia Capai US$ 480,1 Juta Hingga Kuartal III 2020)

TOPIK

PDB

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.