BI Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 3,75%

Moneter
1
Dwi Hadya Jayani 20/11/2020 08:10 WIB
Suku Bunga Acuan Bank Indonesia (BI 7-Day Repo Rate)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 November 2020 memutuskan memangkas suku bunga acuan (BI 7 Day Reverse Repo Rate/BI7DRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,75%. Pemangkasan juga dilakukan sebesar 25 bps untuk suku bunga Deposit Facility menjadi 3% dan Lending Facility menjadi 4,5%.

Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi yang rendah, untuk menjaga stabilitas, dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Inflasi masih mencatatkan rendah karena pemintaan dalam negeri yang belum kuat. Tingkat inflasi Indonesia pada Oktober 2020 sebesar 0,07% (month on month).

(Baca: Tingkat Inflasi Indonesia 0,07% Per-Oktober 2020)

BI juga menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik seiring dengan realisasi stimulus fiskal, mobilitas masyarakat, dan permintaan dunia. Selain itu, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) mencatatkan surplus yang terdorong oleh perbaikan transaksi berjalan, serta transaksi modal dan finansial. Surplus neraca perdagangan pun meningkat dari perbaikan ekspor dan penyesuaian impor karena permintaan domestik belum kuat.

Data Populer
Lihat Semua