Survei KedaiKOPI: Masyarakat Lebih Pilih Kesehatan Dibanding Ekonomi

Persepsi Masyarakat saat Pandemi Corona

Sumber : Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), 14 September 2020

Disalin..

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Aria W. Yudhistira

15/9/2020, 12.20 WIB

Hasil survei yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan masyarakat Indonesia lebih memprioritaskan kesehatan dibandingkan ekonomi pada masa pandemi virus corona Covid-19.

Berdasarkan survei tersebut, 75,5% responden menyatakan bahwa aspek kesehatan lebih penting daripada ekonomi. Sementara, responden yang lebih memprioritaskan ekonomi tercatat sebesar 24,5%.

Persentasi responden yang lebih memprioritaskan kesehatan ini naik bila dibandingkan dengan survei serupa pada Juni 2020. Ketika itu, responden yang memprioritaskan kesehatan hanya sebesar 65,4%. Adapun, responden yang lebih mengutamakan aspek ekonomi saat pandemi corona mencapai 36,6% pada Juni 2020.

(Baca: Ada Pilkada dan Resesi Akibat Pandemi, Jokowi Prioritaskan Kesehatan)

Survei KedaiKOPI dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi pada 18 Agustus-6 September 2020. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan bantuan aplikasi survei nir-internet dengan beragam pola verifikasi.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.