PMI Manufaktur Indonesia Terus Meningkat Sejak Maret 2020

Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia

Sumber : IHS Markit, 1 September 2020

Disalin..

2/9/2020, 08.18 WIB

Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia sebesar 50,8 pada Agustus 2020, tertinggi sejak Maret 2020. Angka ini naik 3,9 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Selain itu, aktivitas manufaktur dinyatakan tumbuh positif jika nilai indeks berada di atas 50.

Perbaikan aktivitas manufaktur Indonesia didukung oleh peningkatan produksi dan pesanan baru. Peningkatan pesanan baru didominasi oleh permintaan dalam negeri, sedangkan permintaan ekspor masih melemah karena pandemi Covid-19.

Pelonggaran pembatasan sosial di dalam negeri juga telah meningkatkan kepercayaan bisnis ke level tertinggi sejak Mei 2019 dan menodorong adanya aktivitas ekonomi secara berkala. Selain itu, operasi bisnis terus meningkat di tengah upaya adaptasi kebiasaan baru dan pemberlakuan protokol kesehatan. Sementara sisi ketenagakerjaan masih tertekan di tengah upaya pengendalian ongkos perusahaan.

(Baca: Kinerja Industri Manufaktur Indonesia Kuartal II-2020 Anjlok)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.