Populasi Lansia Thailand dan Singapura di Atas Rata-Rata Dunia

Tingkat Populasi Lansia (2018)

Sumber : World Bank, 2019

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

29/5/2020, 13.27 WIB

Thailand dan Singapura merupakan dua negara dengan tingkat populasi lanjut usia (lansia) tertinggi di Asia Tenggara pada 2018. Jumlah populasi penduduk berusia 65 tahun dan di atasnya sebesar 11,9% dan 11,5% dari total populasi. Kedua angka tersebut berada di atas rata-rata dunia yang berada di titik 8,9%.

Tingkat populasi lansia negara-negara Asia Tenggara lainnya berada di bawah rata-rata dunia. Vietnam memiliki tingkat populasi lansia sebesar 7,3%. Malaysia dan Indonesia tepat di bawahnya yang berada di posisi 6,7% dan 5,9%.

(Baca: Usia Produktif Diprediksi Kembali Mendominasi pada Pemilu 2024)

Populasi lansia mengubah prospek negara-negara di Asia Tenggara, khususnya ASEAN. Sebab terdapat penurunan populasi usia produktif. Negara-negara yang terdampak mulai menyusun kebijakan agar tetap meningkatkan ekonomi, sekaligus memberikan hak-hak bagi para lansia. Rencana hidup dan dukungan keluarga menjadi penting bagi kelompok usia tersebut.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.