Subsidi LPG 3 Kilogram Lebih Besar dari BBM

Nilai Subsidi 2017-2019 (Real)

Sumber : PT Pertamina, 26 Februari 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

26/2/2020, 15.46 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengubah skema subsidi harga gas Liquid Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram. Rencana tersebut akan berlaku pada semester II 2020. Subsidi akan diberikan langsung pada masyarakat sesuai target atau subsidi tertutup, bukan dengan memangkas harga barang.

Rencana pemerintah untuk menghentikan subsidi harga LPG 3 kilogram menimbulkan pro dan kontra. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sepakat dengan kebijakan tersebut, sebab selama ini subsidi banyak tak tepat sasaran. Sebaliknya Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon menilai pembatasan subsidi akan mendorong kenaikan harga barang lain.

Selama ini LPG 3 kilogram telah disubsidi pemerintah. Jumlah subsidinya sekitar Rp 42-55 triliun per tahun. Nilai subisidi gas melon itu lebih besar dibandingkan Bahan Bakar Minyak (BBM), seperti solar dan minyak tanah.

(Baca: Komitmen Jokowi Memangkas Subsidi)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.