10 Negara dengan Indeks Ketahanan Kesehatan Global Tertinggi

Indeks Ketahanan Kesehatan Global (2019)

Sumber : Nuclear Threat Initiative, Johns Hopkins Center for Health Security, The Economist Intelligence Unit, Oktober 2019

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

29/1/2020, 09.46 WIB

Analisis Indeks Ketahanan Kesehatan Global menjabarkan bahwa tak ada negara yang secara penuh siap untuk epidemik dan pandemik. Secara kolektif, persiapan dunia internasional masih dianggap lemah. Banyak negara tak membuktikan kapasitas dan kemampuan perlindungan kesehatan untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons serangan wabah.

Amerika Serikat menjadi negara dengan Indeks Ketahanan Kesehatan Global tertinggi. Negeri Paman Sam itu memiliki 83,5 poin. Britania Raya dan Belanda mengikuti dengan 77,9 poin dan 75,6 poin. Rata-rata indeks skor sebesar 40,2 dari 100 poin. 

Indeks Ketahanan Kesehatan Global memaparkan hasil dari 195 negara. Skor berada di skala 0 hingga 100, makin besar skor maka tingkat ketahanan kesehatan global makin baik. Penelitian ini terbagi atas enam kategori. Kategori itu adalah pencegahan, deteksi dan pelaporan, kecepatan merespons, sistem kesehatan, pemenuhan terhadap standar internasional, dan risiko lingkungan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.