Area Tanaman Menghasilkan Kelapa Sawit Indonesia Terluas di Dunia

Agroindustri
1
Tim Publikasi Katadata 24/12/2019 07:59 WIB
10 Negara dengan Lahan Panen Kelapa Sawit Terluas (2019E)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia merupakan negara dengan lahan panen kelapa sawit (CPO) terluas di dunia. Berdasarkan data United States Departement of Agriculture (USDA) luas lahan tanaman menghasilkan (mature) kelapa sawit Indonesia diperkirakan mencapai 11,75 juta ha pada 2019 atau 49,5% dari total dunia yang mencapai 23,74 ha. Sayangnya, luasnya lahan sawit tersebut diikuti pula dengan terjadinya penggundulan dan kebakaran hutan serta lahan setiap tahun yang mengakibatkan deforestasi. 

Luas lahan tanaman menghasilkan kelapa sawit Indonesia tersebut dua kali lipat dari Malaysia yang hanya memiliki 5,3 juta ha atau sekitar 23% dari total dunia. Seperti diketahui, lahan panen sawit Malaysia merupakan terbesar kedua setelah Indonesia, kemudian diikuti Nigeria dengan luas 2,5 juta ha di urutan ketiga.

(Baca Databoks: Di Mana Lahan Sawit Terluas di Indonesia?)

Sementara menurut data Kementerian Pertanian, total luas lahan perkebunan sawit pada 2019 diperkirakan mencapai 14,68 juta ha dengan lahan tanaman menghasilkan mencapai 11,58 juta ha. Adapun produksi ditargetkan sebesar 42,87 juta ton dengan produktivitas 3.702 kg per ha.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.