Sisa Luas Tutupan Hutan dalam Wilayah Perkebunan Sawit di 10 Provinsi

Luas Tutupan Hutan di Wilayah Perkebunan Sawit

Sumber : Madani Berkelanjutan, 2018

Disalin..

Penulis: Tim Publikasi

21/10/2019, 12.57 WIB

Hingga 2018, luasan tutupan hutan di dalam wilayah perkebunan sawit di 10 provinsi tersisa 3,02 juta ha. Sebelumnya luas tutupan hutan mencapai 5,4 juta ha pada 2001. Rata-rata penurunan luas tutupan hutan sebesar 3 persen setiap tahunnya. Berkurangnya tutupan hutan ini membuat perkebunan sawit bertambah luas 2,3 juta ha.

Berdasarkan data yang dikompilasi Madani, Papua memiliki tutupan hutan terluas yang berada di dalam kawasan perkebunan sawit. Area tutupan hutannya mencapai 1,2 juta ha pada 2018. Kemudian di posisi kedua diduduki oleh Papua Barat sebesar 389 ribu ha. Namun, kehilangan tutupan hutan terbesar dalam kawasan konsesi sawit ini terjadi di provinsi Riau, yaitu sebesar 366 ribu ha atau 9,3 persen dari luasnya pada 2001 yang sebesar 453 ribu ha.

Melalui Inpres Moratorium Sawit yang dikeluarkan pada 2018, Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengindentifikasi perkebunan kelapa sawit. Terutama yang terindikasi berada dalam kawasan hutan. Selain itu melakukan penetapan kembali areal yang berasal dari kawasan hutan sesuai ketentuan perundang-undangan.

MORATORIUM SAWIT

Penulis / Koordinator

Jeany Hartriani, Fitria Nurhayati

Editor

Arie Mega Prastiwi, Sapto Pradityo

Infografik

Dani Nurbiantoro, Cicilia Sri Bintang Lestari, Nunik Septiyanti, Pretty Zulkarnain, Aris Luhur Setiawan

Desain Web

Firman Firdaus / Heri Nurwanto

Programmer

Bayu Mahdani