Hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Binis Universitas Indonesia (UI) menyebutkan platform e-commerce Tokopedia telah menyumbang 10,3% total lapangan kerja baru di Indonesia sepanjang tahun lalu. Lapangan kerja tersebut tersebar dari barat hingga timur Indonesia, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.
Meskipun tersebar hampir di seluruh Indonesia, tetapi angka tertinggi penciptaan lapangan kerja dari Tokopedia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. DKI Jakarta mencetak hingga 207.117 lapangan kerja, sedangkan Jawa Barat sebanyak 172.348 dan Jawa Timur sebanyak 112.488 lapangan kerja. Hingga akhir 2019, LPEM FEB UI memproyeksikan Tokopedia dapat menciptakan 1,136 juta pekerjaan baru di Indonesia.