Indonesia Masuk 20 Negara Terbaik untuk Berbisnis

20 Negara Terbaik untuk Berbisnis 2018

Sumber : U.S. News & World Report, 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

10/10/2019, 11.03 WIB

Indonesia masuk dalam daftar 20 negara terbaik untuk berbisnis (open for business) sedunia. Menurut Menurut laporan US News and World Report dalam 2019 Best Countries, Indonesia berada di peringkat 19 dengan skor 5,9 dari skala 10.

Laporan tersebut mengungkapkan perusahaan akan melakukan analisis biaya dan manfaat (cost benefit analysis) untuk menentukan prioritas bisnis mereka. US News menghimpun negara-negara yang dianggap paling ramah untuk berbisnis, serta yang dianggap memiliki keseimbangan dan stabilitas dari biaya-manfaat tersebut.

Indikator yang digunakan adalah korupsi, lingkungan pajak yang menguntungkan, birokrasi, transparansi pemerintah, dan biaya produksi yang murah. Indikator yang mendongkrak dari peringkat berbisnis di Indonesia adalah biaya produksi yang murah dengan skor mendekati sempurna, yaitu 9,7. Sementara itu, indikator terendah terdapat dari transparansi pemerintah dengan skor 0,4.

Survei tersebut dilakukan terhadap 21 ribu responden yang tersebar di lima kawasan, yaitu Amerika, Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Adapun negara yang menjadi objek survei sebanyak 80 negara di dunia.

data terkait