Indonesia Masuk 20 Negara Terbaik untuk Berbisnis

Ekonomi & Makro
1
Dwi Hadya Jayani 10/10/2019 11:03 WIB
20 Negara Terbaik untuk Berbisnis 2018
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia masuk dalam daftar 20 negara terbaik untuk berbisnis (open for business) sedunia. Menurut Menurut laporan US News and World Report dalam 2019 Best Countries, Indonesia berada di peringkat 19 dengan skor 5,9 dari skala 10.

Laporan tersebut mengungkapkan perusahaan akan melakukan analisis biaya dan manfaat (cost benefit analysis) untuk menentukan prioritas bisnis mereka. US News menghimpun negara-negara yang dianggap paling ramah untuk berbisnis, serta yang dianggap memiliki keseimbangan dan stabilitas dari biaya-manfaat tersebut.

Indikator yang digunakan adalah korupsi, lingkungan pajak yang menguntungkan, birokrasi, transparansi pemerintah, dan biaya produksi yang murah. Indikator yang mendongkrak dari peringkat berbisnis di Indonesia adalah biaya produksi yang murah dengan skor mendekati sempurna, yaitu 9,7. Sementara itu, indikator terendah terdapat dari transparansi pemerintah dengan skor 0,4.

Survei tersebut dilakukan terhadap 21 ribu responden yang tersebar di lima kawasan, yaitu Amerika, Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Adapun negara yang menjadi objek survei sebanyak 80 negara di dunia.

Editor : Hari Widowati

Tags

Data Populer
Lihat Semua