Ketergantungan Penduduk Lansia terhadap Penduduk Muda Semakin Meningkat

Rasio Ketergantungan Penduduk Lansia terhadap 100.000 Penduduk Produktif

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 2018

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

1/10/2019, 16.00 WIB

Data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Statistik Penduduk Lansia 2018 menunjukkan, rasio ketergantungan penduduk lanjut usia (lansia) terhadap penduduk usia produktif semakin meningkat. Pada 2018, rasio ketergantungan lansia menjadi 14,49 dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di angka 14,02. Hal tersebut menandakan, setiap 100 ribu penduduk usia produktif harus menanggung 15 penduduk lansia.

Kenaikan rasio tersebut sejalan dengan tuntutan biaya perawatan untuk penduduk lansia yang semakin meningkat. Maka dari itu, diperlukan peran serta pemerintah untuk memberdayakan penduduk lansia agar sehat dan mandiri. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemberdayaan lansia diperlukan untuk meningkatkan status dan kesejahteraan penduduk, salah satunya melalui Posyandu Lansia.

Selain Posyandu Lansia, juga terdapat pengembangan puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun lansia dan pengembangan rumah sakit yang mempunyai pelayanan geriatrik dengan tim terpadu. Pengembangan Perawatan Jangka Panjang (PJP) dan penguatan keluarga sebagai caregiver (perawat lansia) juga difasilitasi.

(Baca Databoks: Mayoritas Pekerja Lansia Berpendidikan Rendah

data terkait