Empat Hari Demonstrasi, Investor Asing Tarik Rp 1,77 Triliun dari Pasar Modal

Pasar
1
Hari Widowati 26/09/2019 19:00 WIB
Nilai Jual Bersih Investor Asing periode 23-26 September 2019
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Demonstrasi mahasiswa dan pelajar yang berlangsung selama empat hari berturut-turut sejak Senin, 23 September lalu membuat investor asing melepas kepemilikan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara akumulasi, nilai penjualan bersih (net sell) investor asing pada periode 23-26 September 2019 mencapai Rp 1,77 triliun.

Aksi mahasiswa bukan hanya berlangsung di Jakarta tetapi juga di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Yogyakarta, Malang, Makassar, Semarang, dan Surabaya. Mereka memprotes Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), UU Pemasyarakatan, Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Pertanahan, dan sejumlah UU lainnya.

Penarikan dana asing yang terbesar selama periode tersebut terjadi pada Selasa (24/9). Investor asing sempat membukukan penjualan bersih Rp 1 triliun tetapi pada saat penutupan perdagangan, nilai jual bersih ini menurun menjadi Rp 773 miliar. Pada perdagangan hari ini, investor masih mencatat penjualan bersih namun hanya Rp 42,86 miliar.

(Baca Databoks: Aksi Demonstrasi Mereda, IHSG Ditutup Menguat 1,37%)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua