Kualitas Udara Beberapa Kota di Pulau Sumatera Berbahaya

Kota dengan Indeks Kualitas Terburuk di Indonesia 17 September 2019, 10.25 WIB

Sumber : airvisual.com, 17 September 2019, 10.25

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

17/9/2019, 12.00 WIB

Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) beberapa kota besar di Pulau Sumatera masuk kategori berbahaya dan sangat tidak sehat. Data dari airvisual.com pada 17 September 2019 pukul 10.25 WIB menunjukkan, Kota Simpang, Jambi memiliki AQI sebesar 353 atau masuk dalam kota dengan kualitas udara paling berbahaya di Indonesia. Angka ini meningkat dibandingkan hari sebelumnya dengan AQI sebesar 320. Pekanbaru, Riau berada di posisi kedua dengan AQI sebesar 320.

Adapun kota selanjutnya yang memiliki kualitas udara berbahaya terdapat di Muaralembu, Riau; Muaro, Sumatera Barat; dan Sijunjung, Sumatera Barat dengan AQI 317. Kota-kota lainnya juga menunjukkan kualitas udara yang buruk dengan kategori sangat tidak sehat. Terdapat empat kota di Provinsi Riau dengan AQI 299, yaitu Baserah, Lubukjambi, Tanjunggadang, dan Teluk Kuantan. Sementara di Bangkinang, Riau mencatatkan AQI sebesar 290.

Kualitas udara tersebut dapat berdampak kepada kesehatan. Airvisual.com menyarankan agar masyarakat di kota-kota tersebut menghindari olahraga di luar ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara yang kotor, memakai masker, dan menggunakan pembersih udara (air purifier).

(Baca Databoks: Tingkat Polusi Udara di Jakarta Kembali Meningkat)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.