Kualitas Udara Beberapa Kota di Pulau Sumatera Berbahaya

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dwi Hadya Jayani 17/09/2019 12:00 WIB
Kota dengan Indeks Kualitas Terburuk di Indonesia 17 September 2019, 10.25 WIB
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) beberapa kota besar di Pulau Sumatera masuk kategori berbahaya dan sangat tidak sehat. Data dari airvisual.com pada 17 September 2019 pukul 10.25 WIB menunjukkan, Kota Simpang, Jambi memiliki AQI sebesar 353 atau masuk dalam kota dengan kualitas udara paling berbahaya di Indonesia. Angka ini meningkat dibandingkan hari sebelumnya dengan AQI sebesar 320. Pekanbaru, Riau berada di posisi kedua dengan AQI sebesar 320.

Adapun kota selanjutnya yang memiliki kualitas udara berbahaya terdapat di Muaralembu, Riau; Muaro, Sumatera Barat; dan Sijunjung, Sumatera Barat dengan AQI 317. Kota-kota lainnya juga menunjukkan kualitas udara yang buruk dengan kategori sangat tidak sehat. Terdapat empat kota di Provinsi Riau dengan AQI 299, yaitu Baserah, Lubukjambi, Tanjunggadang, dan Teluk Kuantan. Sementara di Bangkinang, Riau mencatatkan AQI sebesar 290.

Kualitas udara tersebut dapat berdampak kepada kesehatan. Airvisual.com menyarankan agar masyarakat di kota-kota tersebut menghindari olahraga di luar ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara yang kotor, memakai masker, dan menggunakan pembersih udara (air purifier).

(Baca Databoks: Tingkat Polusi Udara di Jakarta Kembali Meningkat)

Editor : Hari Widowati

Tags

Data Populer
Lihat Semua