Ridwan Kamil Usul Pindahkan Ibu Kota Jabar, Berapa Kepadatan Penduduk Wilayah Tujuan?

Kepadatan Penduduk Wilayah Usulan Ibu Kota Baru di Jawa Barat

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

29/8/2019, 16.48 WIB

Ridwan Kamil mengusulkan untuk memindahkan ibu kota Jawa Barat karena Kota Bandung dinilai tidak cocok lagi menjadi pusat pemerintahan dan keberadaan kantor pemerintahan yang terpisah-pisah. Wilayah yang menjadi target ibu kota baru Jabar adalah di Tegalluar Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan sekitar wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, dan Majalengka).

Tegalullar merupan desa yang berada di kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Adapun kepadatan penduduk di Kabupaten Bandung sebanyak 2.103 penduduk per kilometer persegi. Wilayah kedua terdapat di Desa Walini, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat dengan kepadatan penduduk sebesar 1.289 penduduk per kilometer persegi.

Cirebon merupakan wilayah yang memiliki kepadatan penduduk terbesar dibandingkan usulan wilayah tujuan ibu kota baru lainnya, yaitu mencapai 8.466 penduduk per kilometer persegi. Wilayah selanjutnya terdapat di Patimban, kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang memiliki kepadatan penduduk sebesar 834 penduduk per kilometer persegi. Terakhir, Kabupaten Majalengka memiliki kepadatan penduduk sebesar 996 penduduk per kilometer persegi.

(Baca Databoks: Calon Ibu Kota Baru, Berapa Jumlah Penduduk Kalimantan Timur?)

data terkait