Inilah Bencana yang Pernah Terjadi di Kalimantan Timur

Demografi
1
Dwi Hadya Jayani 23/08/2019 12:00 WIB
Tren Bencana 2015-2019
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang menjadi calon lokasi ibu kota baru Indonesia. Bagaimana kondisi kebencanaan di wilayah tersebut?

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejak 2015 ada 331 kejadian bencana di Kalimantan Timur. bencana tersebut meliputi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebanyak 152 kejadian, gelombang pasang/abrasi sebanyak 3 kejadian, banjir sebanyak 93 kejadian, tanah longsor sebanyak 59 kejadian, dan puting beliung sebanyak 24 kejadian.

Bencana di Kalimantan Timur paling banyak terjadi pada 2016, yaitu sebanyak 189 bencana terjadi dengan kebakaran hutan dan lahan mendominasi sebanyak 129 kejadian. Sementara itu, sepanjang 2019 telah terjadi 11 kejadian bencana yang terdiri atas sembilan kebakaran lahan dan hutan, satu kejadian gelombang pasang/abrasi, dan satu kejadian banjir. Berdasarkan wilayahnya, di Kabupaten Paser tercatat dua kejadian bencana, Kabupaten Kutai Barat satu kejadian, Kabupaten Penajam Paser Utara dua kejadian, dan Kota Bontang sebanyak enam kejadian.

(Baca Databoks: Calon Ibu Kota Baru, Berapa Jumlah Penduduk Kalimantan Timur?)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua