Kuartal I 2019, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,07%

6/5/2019, 14.30 WIB

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut terjadi perlambatan di awal tahun ditengah hubungan ekonomi Indonesia dengan beberapa negara yang masih tumbuh positif.

Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2019, secara tahunan mencapai 5,07 persen. Ini merupakan capaian awal tahun tertinggi dibandingkan periode yang sama dalam tiga tahun terakhir.

Baca selengkapnya

Dibandingkan kuartal sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut terjadi perlambatan ekonomi ditengah hubungan ekonomi Indonesia dengan beberapa negara yang masih tumbuh positif. Perdagangan dengan Tiongkok misalnya, tumbuh 6,4 persen (Q1/19) lebih lambat dibandingkan 6,8 persen (Q1/18). Dengan Amerika Serikat menguat menjadi 3,2 persen, sedangkan dengan Singapura melambat menjadi 1,3 persen.

Tidak hanya Indonesia, BPS juga menyoroti perekonomian global pada kuartal I/2019 yang menunjukkan perlambatan dibandingkan dengan kuartal IV/2018. Harga komoditas migas di pasar internasional pada awal tahun ini juga secara umum mengalami penurunan baik secara kuartalan (q-to-q) maupun secara tahunan (y-on-y). Sementara harga komoditas nonmigas mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Tampilkan minimal

Laju Pertumbuhan Kuartalan Periode 2016-2019

* Persen
 
  • Sumber

    Badan Pusat Statistik (BPS)

  • Rilis

    Badan Pusat Statistik (BPS) 6 Mei 2019

  • Informasi lain

    Badan Pusat Statistik (BPS)

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya