5 Partai Politik dengan Dana Kampanye Terbesar di Pemilu 2019

Politik
03/05/2019 14:08 WIB
Partai Politik dengan Dana Kampanye Terbesar di Pemilu 2019
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai dengan pengeluaran dana kampanye terbesar pada Pemilu 2019. Dana yang dilaporkan sebesar Rp 345,02 miliar. Dana tersebut paling banyak berasal dari sumbangan calon legislatif (caleg) peserta pemilu.

Dari enam belas parpol yang menjadi peserta Pemilu 2019, terdapat lima partai yang memiliki dana kampanye terbesar. Setelah PDIP, Partai Golkar menempati urutan kedua dengan total dana kampanye mencapai Rp 307 miliar. Dana kampanye Golkar bervariasi yang berasal dari sumbangan perorangan, badan usaha non-pemerintah, dan caleg. 

Posisi selanjutnya diraih oleh Partai Nasdem dengan total dana kampanye sebesar Rp 259 miliar yang berasal dari keuangan parpol dan caleg. Perindo meraih posisi keempat dengan total dana kampanye sebesar Rp 228,24 miliar. Di posisi kelima, Partai Demokrat dengan dana kampanyenya sebesar Rp 189,73 miliar. Dana yang dilaporkan berasal dari sumbangan caleg, perorangan, dan badan usaha non pemerintah.

Terdapat enam belas partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilu 2019, KPU mewajibkan partai tersebut untuk menyerahkan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) pada Kamis (2/5). Hal ini sebagai salah satu bentuk implementasi keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemilu.

 

Data Populer
Lihat Semua