Jelang Debat Ketiga Pilpres 2019, 13 Lembaga Survei Unggulkan Pasangan Jokowi-Ma’ruf

Politik
16/03/2019 12:15 WIB
Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi Menurut 13 Lembaga Survei (Jan-Mar 2019)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin (Ma’ruf) berpeluang melanjutkan kepemimpinannya periode 2019-2024. Ini tercermin dari hasil  survei 13 lembaga sigi yang dirilis sepanjang Januari-Maret 2019, semuanya mengunggulkan pasangan capres/cawapres dengan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

Hasil survei terbaru, yakni dari Konsep Indonesia (Konsepindo) yang dirilis 13 Maret 2019, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,8% unggul dari pesaingnya yang hanya meraih 34,1%. Meskipun unggul berdasarkan hasil survei, pasangan Jokowi-Ma’ruf harus tetap waspada untuk meningkatkan dukungan publik serta merangkul undecided voter (pemilih belum menentukan pilihan). Segala sesuatu bisa saja terjadi karena pemilu presiden (pilpres) yang masih akan berlangsung sebulan lagi.

Dengan melihat grafik di bawah ini, tim Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) harus bekerja ekstra keras untuk dapat mengejar ketertinggalan dari calon presiden petahana, Jokowi. Di sisa masa kampanye, tim kampanye nomor urut 02 dapat meningkatkan elektabilitas dari para pemilih mengambang agar pasangan Prabowo-Sandi memenangi pilpres 2019.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.