Survei LSI Denny JA: 6 Partai Pendukung Jokowi-Ma’ruf Terancam Tidak Lolos ke Parlemen

Elektabilitas Partai Politik Pendukung Jokowi-Ma’ruf (Jan 2019)

Sumber : LSI Denny JA, Feb 2019

Disalin..

27/2/2019, 22.42 WIB

Enam dari 10 partai politik pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf terancam tidak lolos ke parlemen karena perolehan suaranya di bawah ambang batas (parliamentary treshold) 4%. Sehingga hanya empat partai pendukung pasangan nomor urut 01 yang berpeluang lolos ke Senayan, yakni PDIP, PKB, Golkar dan Nasdem.

Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA pada Januari 2019, dua partai baru pendukung Jokowi-Ma’ruf, yakni Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) elektabilitasnya masih di bawah ambang batas. Demikian pula empat partai lama pendukung pasangan nomor urut 01, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) masih di bawah ambang batas 4%.

Tiga partai koalisi pendukung pasangan nomor urut 01 elektabilitasnya bahkan di bawah satu persen. Artinya, enam partai koalisi pasangan nomor urut 01 tersebut harus kerja keras sebelum pelaksanaan pemilu 17 April 2019. Selain mendukung pasangan capres/cawapres yang diusung, mereka juga harus berjuang untuk meraih 4% suara dari total suara sah saat pemilu agar dapat meloloskan kadernya menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

TOPIK

Politik

data terkait