11 Gempa Dengan Magnitudo Di Atas 7 SR Yang Mengguncang Indonesia

11 Oktober 2018

Gempa Aceh merupakan yang terbesar di Indonesia dengan magnitudo 9,3 SR dan berdampak terparah dalam 15 tahun terakhir.

Bumi nusantara seolah terus berguncang dan kemarin giliran Situbondo, Jawa Timur dilanda gempa dengan magnitudo 6,4 pada skala Richter (SR). Belum lepas dari ingatan, pada 28 September 2018, Palu dan Donggala diguncang gempa dengan kekuatan 7,4 SR yang disertai dengan tsunami. Lebih dari 2.000 orang meninggal akibat bencana tersebut. Bulan sebelumnya, Lombok juga dilanda gempa dengan kekuatan 6,9 SR.

Baca selengkapnya

Terdapat 11 gempa dengan magnitudo di atas 7 SR yang pernah mengguncang Indonesia dalam 15 tahun terakhir. Pada 2014, Bumi Aceh luluh lantak akibat diguncang gempa dengan magnitudo 9,3 SR yang disertai dengan tsunami. Korban yang meninggal akibat gempa terbesar di Indonesia dalam beberapa dasawarsa terakhir tersebut menelan korban lebih dari 160 ribu jiwa. Dampak gempa tersebut juga menyebabkan tsunami di Thailand hingga ke Srilanka. Berselang setahun kemudian, Nias mendapat giliran diguncang gempa dengan magnitudo 8,7 SR. Sebagain besar gempa yang Melanda Indonesia berpotensi terjadi tsunami. Namun, hanya beberapa yang benar-benar terjadi tsunami.

Indonesia sering terjadi gempa karena letak geografis yang berada di daerah tidak stabil akibat bertemunya tiga lempeng bumi, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Eurasia. Selain itu, Indonesia berada dalam lingkaran api dunia daerah yang rawan gempa.

Tampilkan minimal

Gempa Dengan Magnitudo Di Atas 7 SR Sejak Tsunami Aceh 2004

 
  • Sumber

    Berbagai Sumber

  • Rilis

    Berbagai Sumber 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya