Pasar Mobil Indonesia Terbesar di ASEAN

31 Juli 2018

Sebanyak 1,1 juta unit atau 33% dari penjualan mobil ASEAN terjual di Indonesia.

Dunia otomotif di Indonesia berkembang cukup pesat. Ini terbukti pada 2017, Indonesia menjadi pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Sebanyak 1,1 juta unit atau 33% dari penjualan mobil ASEAN terjual di Indonesia. Tingginya penjualan kendaraan roda empat atau lebih tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang cukup stabil sekitar lima persen. Selain itu, wilayah Indonesia yang luas juga turut menopang tingginya permintaan otomotif nasional.

Baca selengkapnya

Meningkatnya masyarakat yang berpendapatan menengah hingga kaya seiring pertumbuhan PDB (per kapita) di Indonesia menjadi pemicu kemampuan masyarat untuk membeli mobil baru. Ekonomi domestik yang masih tumbuh di atas 5% menjadi sentimen positif bagi pasar otomotif nasional. Sebagai informasi, penjualan mobil Indonesia sepanjang semester pertama 2018 tumbuh 3,8% menjadi 553.757 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 533.506 unit.

Tidak hanya dalam penjualan, pemerintah berharap Indonesia juga mampu menjadi produsen otomotif terbesar di ASEAN mengalahkan Thailand. Seperti diketahui, produksi mobil Indonesia sepanjang 2017 mencapai 1,17 juta unit. Angka tersebut di bawah produksi mobil Negeri Gajah Putih yang mencapai 1,94 juta unit. Sedangkan produksi mobil domestik sepanjang semester pertama tahun ini sebanyak 624 ribu unit sementara Thailand telah mencapai 1,1 juta unit.

(Baca Databoks: Berapa Nilai Ekspor Mobil Indonesia?)

Tampilkan minimal

Pasar Mobil di ASEAN (2017)

 
  • Sumber

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)

  • Rilis

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2018

  • Informasi lain

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya