Asian Games 2018 Menyumbang Rp 19 Triliun Bagi Perekonomian Sumatera Selatan

Ekonomi & Makro
31/07/2018 14:28 WIB
Dampak Langsung Asian Games terhadap Perekonomian Sumatera Selatan
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Palembang merupakan salah satu dari dua kota yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018. Pesta llahraga Asia ke-18 ini akan di selenggarakan mulai tanggal 18 Agustus-2 september 2018. Jauh sebelum Asian Games di laksanakan, Infrastruktur kota Palembang sudah banyak di benahi seperti kawasan Jakabaring Sport City (JSC), pembangunan jalan tol Palembang-Inderalaya. Kemudian Jembatan Ampera dan trotoar di Jalan Jenderal Sudirman.

Bappenas memperkirakan dampak langsung penyelenggaraan Asian Games terhadap ekonomi Sumatera Selatan mencapai Rp 18,5 triliun. Investasi konstruksi menyumbang sekitar Rp 15,4 triliun, operasional penyelenggaraan Rp 2,1 triliun, dan pengeluaran pengunjung Rp 968 miliar.

Persiapan dan pelaksanaan Asian Games 2018 memberikan dampak perekonomian Indonesia di antaranya meningkatkan sektor pariwisata seiring datangnya para atlet, official, maupun yang akan menonton pertandingan di Palembang dan sekitarnya. Asian Games juga menciptakan lapangan kerja serta mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur.

 

(Baca Databoks: Berapa Dampak Langsung Asian Games Terhadap Ekonomi Jakarta?)

Data Populer
Lihat Semua