Kepercayaan Publik Terhadap Media Sosial pada 2018 Turun

Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Media Sosial/Mesin Pencari dan Jurnalis (2012-2018)

Sumber : Edelman, 2018

Disalin..

15/5/2018, 10.59 WIB

Maraknya hoax (berita bohong/palsu) membuat kepercayaan publik terhadap platform (media sosial dan mesin pencari) turun. Dalam laporan yang bertajuk 2018 Edelman Trust Barometer Global Report meunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap platform pada tahun ini turun 2 poin persen menjadi 51% dibanding tahun sebelumnya sebesar 53%.

Sementara kepercayaan masyarakat terhadap jurnalis (media konservatif dan media online) yang dapat dipercaya pada 2018 justru mengalami kenaikan 5 poin persen menjadi 59% dari sebelumnya hanya 54%. Publik mulai jenuh terhadap massifnya berita bohong yang banyak bersliweran di akun media mereka dan lebih memilih mencari berita dan informasi dari media yang dapat dipercaya.

Munculnya berita bohong/palsu tidak hanya melanda di negara-negara berkembang seperti Indonesia dan negara Asia lainnya, tapi juga terjadi di negara maju seperti Amerika Serikat. Kemenangan Donald Trump dalam pemilihan umum Amerika Serikat menjadi pemicu meningkatnya hoax di negara yang memiliki tingkat pendidikan dan teknologi yang lebih maju dari Indonesia.

data terkait