Triwulan I 2018, Produksi Industri Komputer dan Barang Elektronik Turun Terdalam

Ekonomi & Makro
02/05/2018 20:19 WIB
7 Industri Besar dan Sedang yang Mengalami Penurunan Produksi (TW I 2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Di tengah tumbuhnya produksi industri manufaktur besar dan sedang, beberapa jenis industri mencatat penurunan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produksi industri komputer, barang elektronik dan optik sepanjang triwulan pertama 2018 mengalami penurunan 13,36% dibanding triwulan pertama tahun sebelumnya (YoY). Angka tersebut merupakan yang terdalam dibanding industri lainnya.

Jenis industri manufaktur besar dan sedang lainnya yang mengalami penurunan produksi pada tiga bulan pertama tahun ini adalah industri kertas dan barang dari kertas sebesar 11,24%, diikuti bahan kimia dan barang dari bahan kimia 8,5% dibanding tiga bulan pertama tahun sebelumnya.

Secara umum, produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan I tahun ini tumbuh 5,01% dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh naiknya produksi kulit, barang dari kulit dan alas kaki sebesar 18,87%. Demikian pula jika dibandingkan dengan triwulan IV 2017 tumbuh 0,88% yan ditopang oleh naiknya produksi industri percetakan dan reproduksi rekaman sebesar 13,54%.

Data Populer
Lihat Semua