Kontribusi Industri Indonesia Terhadap PDB Urutan 4 Dunia

16 April 2018

Berapa Kontribusi Industri Indonesia Terhadap PDB?

Industri merupakan sektor yang penting bagi perekonomian Indonesia. Ini tercermin dari kontribusi sektor industri (pengolahan) yang masih mendominasi Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 20,16% pada 2017. Angka tersebut setara Rp 2.739,4 triliun dari perekonomian nasional sebesar Rp 13.588,8 triliun.

Baca selengkapnya

Berdasarkan Organisasi Industri Pembangunan PBB 2016 dalam presentasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang bertajuk “Kebijakan Pemerintah Dalam Mendorong Sektor Industri Di Era Industri 4.0” kontribusi industri Indonesia terhadap PDB berada di urutan keempat terbesar dunia pada 2015. Sumbangan sektor pengolahan Indonesia terhadap PDB nasional mencapai 22% dari total PDB nasional dan hanya kalah dari Korea Selatan, Tiongkok dan Jerman.

Untuk dapat meningkatkan PDB sektor industri, pemerintah harus mendorong para pelaku usaha sektor pengolahan untuk mendorong segera mengadopsi revolusi industri 4.0. Guna meningkatkan produktivitas dengan mengandalkan teknologi. Dengan mengadopsi kemajuan teknologi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bahan baku serta memberikan nilai tambah produk. Agar tidak menjadi ancaman pengurangan lapangan kerja, revolusi industri difokuskan pada sektor unggulan yang dapat menjadi penggerak perekonomian domestik.

Tampilkan minimal

Kontribusi Industri Indonesia Terhadap PDB Urutan 4 Dunia

 
  • Sumber

    Menko Perekonomian

  • Rilis

    Menko Perekonomian 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya