Singapura, Investor Terbesar bagi Indonesia

Ekonomi & Makro
Penulis
14/03/2018 16:10 WIB
Investasi Asing ke Indonesia dari Negara Kawasan ASEAN (2017)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Singapura merupakan negara yang penting bagi Indonesia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM) investasi asing yang berasal dari Negeri Singa tersebut sepanjang 2017 mencapai US$ 8,44 miliar atau setara Rp 114,37 triliun, dengan kurs Rp 13.548/dolar Amerika Serikat (AS).

Jumlah tersebut setara 84% dari total investasi asing dari delapan negara anggota ASEAN seperti yang terlihat dalam grafik di bawah ini senilai US$ 9,96 miliar. Aliran dana asing (Foreign Direct Investment/FDI) dari negeri jiran tersebut juga mencapai 26,2% dari total investasi asing ke Indonesia senilai US$ 32,24 miliar atau Rp 436,78 triliun.

Tidak hanya itu, Singapura juga merupakan negara asal impor barang nonmigas terbesar ke empat bagi Indonesia setelah Tiongkok, Jepang dan Thailand. Seperti diketahui, nilai impor nonmigas Indonesia dari Singapura pada 2017 mencapai US$ 8,3 miliar. Sementara nilai ekspor nonmigas Indonesia ke negara tersebut mencapai US$ 9 miliar dan merupakan tujuan terbesar kelima.

Editor :
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.