Startup Naik Kelas Menjadi Unicorn Semakin Menjamur

Jumlah Perusahaan Rintisan yang Menjadi Unicorn (2004-2017)

Sumber : Visualcapitalist.com, 2017

Disalin..

29/1/2018, 12.16 WIB

Pada 2017, sebanyak 57 perusahaan startup (rintisan) berhasil masuk kategori Unicorn. Artinya, perusahaan rintisan tersebut telah mendapatkan pendanaan yang cukup besar hingga memiliki valuasi US$ 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau lebih.

Dari total 57 perusahaan yang mendapat gelar Unicorn, 32 di antaranya merupakan perusahaan rintisan asal Amerika Serikat, 18 dari Tiongkok, empat dari Inggris, dan masing-masin satu dari Uni Emirat Arab, India, dan Indonesia, yakni Traveloka. Dalam tiga-empat tahun terakhir, jumlah startup yang berkembang menjadi Unicorn memang terus menjamur. Meski jumlahnya terus bertumbuh, namun jumlah perusahaan rintisan yang naik kelas menjadi Unicorn pada 2017, masih di bawah capaian pada 2015.

Menurut data PitchBook, peringkat pertama Unicorn pada tahun lalu dicatat oleh Toutiao dengan nilai valuasi sebesar US$ 20 miliar AS. Toutiao merupakan platform informasi asal Tiongkok yang memfokuskan pada rekomendasi menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

data terkait