Inilah Kantong Kemiskinan di Jawa Barat

Demografi
20/01/2018 08:22 WIB
15 Kabupaten/Kota di Jawa Barat dengan Kemiskinan Tertinggi (Maret 2017)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebanyak 15 dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat (Jabar) memiliki angka kemiskinan di atas rata-rata provinsi pada Maret 2017. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Kota Tasikmalaya merupakan Pemerintah Daerah Tingkat II di Jabar yang memiliki angka kemiskinan tertinggi, yakni mencapai 14,8% dari populasi. Angka tersebut di atas tingkat kemiskinan provinsi sebesar 8,71% maupun nasional sebesar 10,64%.

Pemda Tingkat II di Jabar yang memiliki angka kemiskinan terbesar kedua adalah Indramayu, yaitu sebesar 13,67%, diikuti Kuningan sebesar 13,27%. Yang menarik, beberapa kabupaten yang merupakan lumbung padi di Tanah Pasundan seperti Indramayu, Cianjur, Tasikmalaya, dan Garut ternyata memiliki angka kemiskinan di atas rata-rata nasional.

Tingginya angka kemiskinan di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat tersebut akan menjadi pekerjaan rumah bagi Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan terpilih pada Pemilihan Kelapa Daerah 2018. Sebanyak 4 pasangan calon akan bertarung memperebutkan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur di Jabar.

Data Populer
Lihat Semua