3 Tahun Jokowi-JK, Tenggelamkan 363 Kapal Pencuri Ikan

Kelautan
20/10/2017 09:13 WIB
Kapal Pencuri Ikan yang Ditenggelamkan KKP (2014-2017)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menjaga sumberdaya laut menjadi salah satu prioritas dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Di bawah komando Susi Pudjiastuti, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan tegas menjaga kekayaan laut Indonesia dari aksi pencurian ikan oleh nelayan asing yang marak terjadi pada sebelumnya.

Sejak Susi Pudjiastuti dilantik menjadi menteri KKP pada Oktober 2014, langsung membuat gebrakan penenggelaman kapal pencuri ikan. Selain itu juga melakukan kebijakan moratorium kapal eks asing untuk melindungi nelayan kecil. Berdasarkan data KKP, sejak 2014-Oktober 2017 sebanyak 317 kapal pencuri ikan telah ditenggelamkan. Adapun hingga akhir 2017 kembali bertambah menjadi 363 kapal.

Dengan kapal yang lebih besar dan serta lebih canggih dari nelayan lokal, nelayan asing mencuri ikan di sepanjang perairan Nusantara. Bila ini dibiarkan dalam jangka panjang akan dapat mengganggu ekosistim yang berdampak terhadap populasi ikan. Sementara hasilnya tidak dinikmati oleh rakyat.

Data Populer
Lihat Semua