Tol Laut Turunkan Harga Barang Hingga 20% di Larantuka

Pasar
19/10/2017 12:46 WIB
Penurunan Harga Kebutuhan Pokok di Larantuka Imbas Kebijakan Tol Laut
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tol Laut, yang merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan guna menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di seluruh Nusantara mulai terlihat hasilnya. Peningkatan konektivitas antar pelabuhan tersebut mampu menciptakan kelancaran distribusi barang-barang hingga ke daerah pelosok dan terpencil.

Salah satu contoh keberhasilan kebijakan Tol Laut mampu menekan harga-harga kebutuhan pokok hingga 20 persen di Larantuka. Data Kementerian Perdagangan dalam laporan Capaian 3 Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menunjukkan bahwa setelah adanya program Tol Laut, empat bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan terigu di salah satu kecamatan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur tersebut turun 12-20 persen.

Tol Laut dan pengintegrasian moda transportasi logistik memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya daerah terpencil. Dengan semakin lancarnya konektivitas logistik antar pelabuhan mampu menekan harga barang di daerah terpencil lainnya di Fak-fak, Wamena, Dobo, Sabu, Rote maupun Waingapu.

Data Populer
Lihat Semua