73% Perangkat Mobile Global Menggunakan Android

Sistem Operasi Perangkat Mobile (Agt 2017)

Sumber : We Are Social, 2017

Disalin..

9/10/2017, 20.51 WIB

Sistem Operasi (SO) Android saat ini telah mendominasi perangkat mobile (bergerak) di seluruh penjuru dunia. Laporan yang bertajuk Global Stashot: Digital in Q3 2017, menunjukkan bahwa sebanyak 72,9 persen pengguna piranti bergerak global menggunakan SO Android. Hanya 19,4 persen yang menggunakan iOS Apple, dan sisanya menggunakan SO lainnya.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat bergerak dengan menggunakan layar sentuh. Awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc yang didirikan oleh Andy Rubin pada 2003 dan kemudian dibeli Google pada 2005. Adapun telepon seluler pertama yang menggunakan SO Android adalah HTC Dream yang diluncurkan pada Oktober 2008.

Munculnya sistem operasi Android telah menelan korban. Symbian yang dulunya dikembangkan oleh Nokia sempat merajai sistem operasi telepon seluler global, tapi kini sudah tidak terdengar lagi. Demikian pula Research in Motions Limited yang mengusung SO BlackBerry juga harus mengakui keunggulan Android. Layanan pesan BlackBerry Mesengger (BBM) yang dulu sempat menjadi idola kini telah tergantikan oleh Whatsapp. Bahkan beberapa ponsel BlackBerry telah menggunakan SO Android.

 

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.