Berapa Pasar e-Commerce Indonesia?

Pasar e-Commerce Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara 2015-2025

Sumber : Nielsen Indonesia, PT (The Nielsen Company), 2017

Disalin..

16/8/2017, 10.16 WIB

Pasar e-Commerce Indonesia diperkirakan bakal mencapai 52 persen e-Commerce di kawasan Asia Tenggara. Dari presentase Nielsen yang bertajuk Indonesia Ocean of Opportunities Overcoming Dead Win and Riptide 2017, e-Commerce Indonesia pada 2025 akan mencapai US$ 46 miliar atau setara Rp 612 triliun dibanding pada 2015 yang baru mencapai US$ 1,7 miliar.

Banyaknya populasi kelas menengah, meningkatnya akses internet, tumbuhnya kota-kota kecil, serta terbatasnya akses terhadap pasar retail membuat e-Commerce domestik akan tumbuh pesat. Pada 2015, pasar transaksi elektronik di Indonesia kurang dari satu persen dari total penjualan retail, tapi pada 2025 akan meningkat menjadi 8 persen dari total transaksi retail.

Total e-Commerce enam negara anggota ASEAN pada 2025 akan meningkat menjadi US$ 87,8 miliar dibanding pada 2015 yang hanya mencapai US$ 5,5 persen. Tidak hanya itu, transaksi digital di negara-negara tersebut semuanya akan mencapai lebih dari  US$ 4 miliar.

data terkait