SMRC: Survei Pilgub Jabar, Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi

Politik
14/07/2017 14:53 WIB
Persentase Keterpilihan Calon Gubernur Jawa Barat pada Survei SMRC
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat akan dilaksanakan pada 2018. Jauh sebelum itu, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah melakukan penelitian mengenai elektabilitas tokoh yang kemungkinan akan maju pada perhelatan tersebut.

Survei tersebut mencoba melakukan pertanyaan semi terbuka atau simulasi dengan 28 nama yang berpotensi maju sebagai calon gubernur. Hasilnya, sebanyak 31,4 persen responden memilih sosok Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat. Selanjutnya di urutan kedua adalah Deddy Mizwar dengan perolehan terpaut cukup jauh, yakni hanya 13,0 persen dan di urutan ketiga Dedi Mulyadi dengan perolehan suara 12,3 persen. Selain itu ada Dede Yusuf dengan perolehan suara 8,3 persen, dan Da'i kondang Abdullah Gymanstiar (Aa Gim) memperoleh 7,5 persen suara.

Pada survei kali ini, nama Ridwan Kamil memimpin pada semua metode pertanyaan dengan berbagai simulasi nama bakal calon. Survei SMRC dilaksanakan pada 17 hingga 21 Juni 2017 kepada 820 orang responden yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling. Selanjutnya, Margin of error yang digunakan adalah +- 3,5 persen pada selang kepercayaan 95 persen.

Data Populer
Lihat Semua