Antisipasi Lebaran, BI Kucurkan Uang Tunai Rp 167 Triliun

Pasokan Uang Tunai Bank Indonesia Mengantisipasi Puasa dan Lebaran 2012-2017

Sumber : Bank Indonesia, 2017

Disalin..

31/5/2017, 14.32 WIB

Dalam rangka mengantisipasi datangnya bulan Puasa dan Hari Raya Lebaran 2017, Bank Indonesia akan menggelontorkan uang tunai sebesar Rp 167 triliun. Angka ini meningkat sekitar 14 persen dari tahun sebelumnya. Sementara jumlah uang yang beredar saat ini mencapai Rp 691 triliun.

Selain untuk pembayaran gaji rutin pegawai, menjelang datangnya hari Idul Fitri terdapat kebutuhan uang tunai yang cukup besar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan kebutuhan sekolah. Ditambah lagi hari libur yang lebih panjang pada Lebaran 2017 seiring masa libur anak sekolah membuat kebutuhan akan uang tunai masyarakat akan meningkat.

Bank Mandiri juga menyiapkan dana untuk menyambung datangnya bulan Puasa dan hari Raya Lebaran senilai Rp 23,5 triliun. Angka ini lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar Rp 25,5 triliun. Sementara bank swasta dengan aset terbesar di Indonesia, Bank BCA siap mengucurkan dana tunai senilai Rp 44 Triliun.

TOPIK

Moneter

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.