Pekerjaan apa yang Tergerus Kemajuan Teknologi?

Ketenagakerjaan
26/04/2017 11:35 WIB
Proyeksi Pertumbuhan Profesi Menurut Kategori Pekerjaan
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sebuah riset yang dikeluarkan World Economic Forum (WEForum) menyebutkan beberapa bidang akan berkurang bahkan hilang kebutuhannya seiring pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Administrasi dan perkantoran menjadi bidang pekerjaan yang paling banyak berkurang kebutuhannya saat ini. Hampir 4,8 juta pekerjaan bidang ini berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

Disisi lain, bisnis dan finansial, dan juga manajemen terus tumbh dan bertambah kebutuhannya. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya stratup di berbagai sektor dengan pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu, pekerjaan yang mengandalkan kemampuan matematika dan komputer juga sangat dibutuhkan saat ini. Kemampuan utama bidang ini adalah analisis data seiring mulai masuknya era big data. 

Perubahan kebutuhan lapangan kerja pada bidang-bidang tersebut disebabkan oleh kamajuan dan tren penggunaan teknologi internet dalam dunia kerja. Pemanfaatan teknologi ini berimbas pada menurunnya kebutuhan terhadap pekerjaan berbasis manusia pada masa mendatang. Kemajuan teknologi saat ini ternyata seperti pisau bermata dua.

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.