Indo Barometer: DPR Paling Tidak Dipercaya Publik

Persentase Ketidakpercayaan Publik Terhadap Lembaga Negara Menurut Survei Indo Barometer

Sumber : Indo Barometer, 2017

Disalin..

27/3/2017, 16.18 WIB

Hasil survei mengenai kepercayaan terhadap lembaga negara yang dilakukan oleh Indo Barometer menunjukkan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kepolisian (Polri) merupakan lembaga paling tidak dipercaya oleh responden. Sebanyak 58,7 persen publik tidak percaya terhadap DPR dan 57,1 persen untuk Polri. Dari pilihan 10 lembaga, hanya dua lembaga tersebut yang mendapat ketidakpercayaan lebih dari 50 persen.

Sementara ketidakpercayaan terhadap lembaga Kepresidenan Republik Indonesia hanya 6,1 persen. Artinya lembaga ini yang paling dipercaya publik, bahkan lebih rendah dari ketidakpercayaan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi, yakni sebesar 10,9 persen. Indo Barometer merilis hasil survei terkait dengan 2,5 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Survei nasional ini dilaksanakan di 34 provinsi pada 4-14 Maret 2017. Dengan jumlah responden 1.200 orang dan margin of error survei ini kurang-lebih 3,0 persen.

TOPIK

Politik

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.