Wartel di Indonesia Sudah Ditinggalkan

Teknologi & Telekomunikasi
05/12/2016 09:40 WIB
Jumlah Sambungan Telepon Warung Telekomunikasi (Wartel)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pada 2015 tercatat sudah tidak ada lagi sambungan warung telekomunikasi (Wartel) di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah ini memang mengalami tren yang menurun sejak 2010. Bahkan, penurunan secara signifikan terjadi pada 2014, jumlah sambungan wartel menjadi 836 dari sebelumnya mencapai 227.555 sambungan.

Kegiatan jasa telekomunikasi yang pernah populer di Indonesia di antaranya  jasa nilai tambah telepon dan jasa multimedia. Wartel merupakan salah satu kegiatan jasa nilai tambah teleponi yang paling laris pemanfaatannya oleh masyarakat. Jumlah sambungan telepon wartel banyak ditinggalkan dan berkurang karena perkembangan zaman dan tuntutan teknologi yang terus berkembang membuat wartel pada saat ini sudah tidak diminati lagi.

Munculnya telepon seluler membuat bisnis Wartel yang dulu sempat berjaya kini sudah tidak ada. Begitu pula telepon umum yang dulunya ada di sudut-sudut kantor atau pusat perbelanjaan sudah tidak ditemukan lagi. 

Data Populer
Lihat Semua