Cina dan Amerika, Penghasil Emisi Karbon Terbesar Dunia

Demografi
14/11/2016 11:38 WIB
10 Negara Penghasil Emisi Karbon Dioksida Terbesar
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dua negara pemimpin ekonomi dunia, Cina dan Amerika Serikat (AS) merupakan penghasil emisi karbon terbesar dunia. Hasil penelitian yang dirilis World Resource Institute (WRI) menyebutkan Cina sebagai kontributor utama emisi karbon dioksida dunia sebesar 10,68 miliar ton emisi CO2 per tahun.

Selanjutnya, AS beradai di posisi kedua dengan produksi emisi karbon dioksida mencapai 5,82 miliar ton emisi CO2 per tahun. Indonesia juga termasuk dalam daftar negara kontributor emisi gas rumah kaca terbesar dunia. Indonesia berada di urutan enam dengan produksi mencapai 1,98 miliar ton emisi CO2 setiap tahunnya.

Emisi karbon dioksida adalah buangan atau hasil dari gas yang dikeluarkan selama proses pembakaran CO2. Emisi ini merupakan penyebab utama perubahan iklim dan pemanasan global. Dalam konferensi mengenai iklim, Conference of Parties (COP) 21 yang diselenggarakan di Paris pada November 2015, hampir seluruh negara yang hadir termasuk Indonesia berkomitmen untuk mengurangi kadar emisi karbon untuk membatasi laju pemanasan global.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.