52 Persen Penduduk Miskin Berpendidikan SD/SMP

Penduduk Miskin Usia 15 Tahun ke Atas Menurut Pendidikan pada 2015

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 2016

Disalin..

8/11/2016, 10.09 WIB

Pada 2015, sekitar 52 persen penduduk miskin yang berusia di atas 15 tahun hanya dapat menamatkan pendidikan sampai jenjang SD/SMP. Bahkan, 31 persen lainnya tidak mampu menempuh jenjang Sekolah Dasar. Hanya 16,7 persen penduduk miskin yang dapat mengenyam pendidikan sampai tingkat SMA atau lebih tinggi. Rendahnya angka tingkat pendidikan ini berakibat pada kualitas manusia yang semakin menurun dan tidak mampu bersaing dalam dunia kerja.

Program wajib belajar 12 tahun menjadi suatu kebijakan yang ditawarkan pemerintah guna memperbaiki sektor pendidikan di Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi alat untuk meningkatkan kualitas sosial-ekonomi dan mengurangi kemiskinan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya program wajib belajar 12 tahun, setiap anak Indonesia dapat mengenyam pendidikan hingga tingkat menengah atas dan dapat bersaing di dunia kerja.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.