8 Provinsi Paling Rawan Bencana

Demografi
27/10/2016 11:27 WIB
Provinsi dengan Jumlah Bencana Terbanyak Periode Jan-Sep 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jawa Tengah merupakan daerah paling rawan bencana di Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, selama Januari-September 2016 telah terjadi 397 bencana di provinsi tersebut. Wilayah di Pulau Jawa lain yang juga mengalami bencana terbanyak adalah Jawa Barat dan Jawa Timur. Banjir menjadi bencana yang paling banyak menimpa daerah-daerah di Indonesia.

Daerah aliran sungai (DAS) yang tidak difungsikan sebagai mestinya menjadi salah satu penyebab seringnya terjadi bencana banjir. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat, dari sekitar 17 ribu DAS di Indonesia, sebanyak 108 di antaranya berada dalam keadaan kritis. Direktur Jenderal Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung KLHK Hilman Nugroho mengatakan, penyebab dari kritisnya DAS karena jumlah penduduk yang kian bertambah setiap tahunnya. Bahkan, mereka membuka lahan hinggake area hulu.

Kesadaran masyarakat akan bencana menjadi prioritas bagi BNPB. Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan, penanggulangan risiko bencana tidak bisa diserahkan kepada pemerintah saja, seluruh stakeholders harus ikut serta termasuk masyarakat.

Data Populer
Lihat Semua