93% Panjang Jalan Tol Indonesia Ada di Pulau Jawa

Persentase Panjang Jalan Tol Menurut Wilayah Operasi Data per Agustus 2016

Sumber : Pekerjaan Umum - Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), 30 Agustus 2016

Disalin..

16/9/2016, 17.36 WIB

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, panjang jalan tol yang sudah beroperasi di Indonesia saat ini mencapai 984 kilometer. Mayoritas panjang jalan berada di Pulau Jawa mencapai 93 persen, sisanya di Pulau Sumatera dan Sulawesi masing-masing 4 persen dan 2 persen.

Pada 2025 mendatang, proporsi jalan tol tersebut diharapkan berubah. Pulau Sumatera nantinya akan memiliki 47 persen jalan tol di Indonesia atau satu persen lebih tinggi dibanding panjang jalan tol di Pulau Jawa. Rencananya, panjang jalan tol Trans Sumatera yang saat ini sedang dikebut akan memiliki panjang 2.865 kilometer.

Kementerian Pekerjaan Umum menyebutkan bahwa pembangunan jalan tol saat ini menjadi program strategis pemerintah dalam upaya menekan biaya logistik nasional. Jalan bebas hambatan ini bermanfaat sebagai penghubung antar wilayah, menggerakan perekonomian daerah, pemerataan pembangunan, dan menjadikan biaya transportasi lebih efisien.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.