TNI, Institusi yang Paling Dipercaya Publik

Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Institusi Pemerintah 2015 (persen)

Sumber : Centre for Strategic and International Studies (CSIS), 2016

Disalin..

15/9/2016, 09.49 WIB

Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) menempatkan Tentara Nasional Indonesi (TNI) sebagai institusi negara yang paling dipercaya publik. Institusi TNI mendapat tingkat kepercayaan dari masyarakat 91 persen, mengungguli kepercayaan publik terhadap institusi kepresidenan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menempati urutan ke-13 dari peringkat kepercayaan masyarakat. Namun, dari sisi kinerja, DPR mengalami peningkatan kepuasan menjadi 41,9 persen pada 2016. Pada survei sebelumnya (Oktober 2015), tingkat kepuasan publik terhadap kinerja DPR hanya 29,2 persen.

Tingkat kepercayaan terhadap institusi ini berbanding lurus dengan kepercayaan publik terhadap demokrasi. Perjalanan demokrasi di Indonesia dianggap baik oleh publik dan tercatat hanya 16 persen publik yang berpandangan buruk.

TOPIK

Politik

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.