Survei Pilkada: 6 Dari 7 Lembaga Unggulkan Anies-Sandi

Politik
18/04/2017 10:59 WIB
Survei Elektabilitas Calon Gubernur DKI Jakarta oleh 7 Lembaga Survei
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah lembaga survei telah merilis temuan mereka mengenai elektabilitas atau tingkat keterpilihan dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017. Hasilnya, 6 dari 7 lembaga yang merilis surveinya unggulkan pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno pada putaran kedua Pilkada DKI.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menjadi lembaga yang paling mengunggulkan Anies-Sandi. Menurut LSI, elektabilitas pasangan nomor 3 ini mencapai 51,4 persen, sedangkan pasangan petahana Ahok-Djarot hanya 42,7 persen. Sementara Charta Politika menjadi satu-satunya lembaga yang menempatkan Ahok-Djarot di posisi pertama. Dalam surveinya, Charta menyebut elektabilitas Ahok berada di angka 47,3 persen di atas Anies yang hanya memperoelh 44,8 persen suara.

Namun demikian, banyak lembaga survei yang belum bisa memastikan siapa yang diprediksi akan memenangkan Pilkada DKI putaran kedua pada 19 April 2017. Pasalnya, selisih elektabilitas yang didapatkan dalam survei terakhir masih berada pada margin of error. 

Data Populer
Lihat Semua