Berapa Upah Tertinggi Buruh Bangunan di Indonesia?

Ketenagakerjaan
22/12/2016 13:20 WIB
Upah Tertinggi Tukang Bangunan Harian di Pulau Jawa
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 2016, upah tukang bangunan  tertinggi hanya Rp 157 ribu per hari dengan posisi sebagai mandor. Selanjutnya dengan posisi sebagai kepala tukang, diberi upah sebesar Rp 139 ribu per hari. Posisi tukang diberi upah Rp 121 ribu, sedangkan yang terendah Rp 102 ribu adalah upah untuk pembantu tukang atau kenek. Angka tersebut merupakan rata-rata dari upah tertinggi tukang bangunan yang berkerja di Pulau Jawa.

Perbedaan kota atau daerah pembangunan juga tentunya akan berperangaruh pada upah atau gaji pekerja bangunan yang membuat setiap daerah memiliki standar masing-masing. Meskipun begitu biasanya perbedaan yang terjadi tidak besar. Perbedaan gaji atau upah ini bisa terjadi pada tukang kayu, tukang cat, tukang besi, tukang gali tanah, tukang batu dan tukang bangunan lainnya.

Seperti diketahui hampir di seluruh kota di Indonesia sekarang membangun, baik bangunan milik pemerintah, bangunan fasilitas umum hingga borongan untuk membangun rumah baru. Dengan semakin terisinya lahan-lahan tanah tersebut bahkan menjadikan bisnis properti semakin melesat, dan juga kebutuhan akan tukang bangunan akan semakin tinggi.

Tags

Data Populer
Lihat Semua