Ini Sektor Usaha Startup yang Menarik Investor Besar di ASEAN

INFOGRAFIK
Penulis
Adi Ahdiat 25/10/2022 18:03 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan ASEAN Investment Report, sektor usaha startup yang paling sukses menarik investor besar di wilayah ASEAN adalah teknologi keuangan atau financial technology (fintech).

"Dari 100 startup yang mendapat pendanaan investasi terbesar di regional ASEAN, sebanyak 31 startup bergerak di sektor fintech," jelas laporan tersebut.


Startup peraih pendanaan terbesar di ASEAN berikutnya banyak bergerak di sektor e-commerce dan layanan bisnis (business-to-business services/B2B).

Adapun sektor usaha startup yang paling jarang menarik investor besar adalah energi bersih dan layanan edukasi digital, seperti terlihat pada grafik.

"Terbatasnya jumlah startup edukasi digital di skala regional ASEAN menunjukkan perusahaan kategori ini sulit terlibat dalam ekspansi internasional," jelas laporan tersebut.

Menurut ASEAN Investment Report, sebagian besar bisnis startup sangat terikat dengan konteks sosial-budaya di negara asalnya. Hal ini menyebabkan ada banyak model bisnis yang sulit diperluas ke negara lain.

"Perusahaan edukasi digital terikat dengan kurikulum negara tempat mereka beroperasi. Akibatnya, perusahaan di bidang ini cenderung kurang global karena konteks kurikulum yang berbeda di tiap negara. Dengan begitu mereka menghadapi lebih banyak hambatan untuk ekspansi internasional," jelasnya.