YouTube Jadi Media Paling Informatif dalam Memberi Penjelasan Produk

Media
1
Erlina F. Santika 30/01/2023 11:56 WIB
YouTube dan Media Sosial Lainnya yang Dianggap Informatif Beri Penjelasan Produk (2022)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Banyak orang mengakui bahwa mereka kerap mencari informasi produk di media sosial sebelum memutuskan untuk membelinya. Temuan ini disampaikan oleh Jajak Pendapat (Jakpat) dalam survei yang dirilisnya pada Jumat (27/1).

Mayoritas pengguna media sosial itu dikelompokkan berdasarkan generasi oleh Jakpat, di antaranya Gen Z, Milenial, dan Gen X.

Dalam skala 1 (sangat tidak setuju), sampai 5 (sangat setuju), ketiga generasi itu memberi nilai mendekati sangat setuju bahwa mereka mencari informasi produk di media sosial. Gen Z memberi nilai 4,50; Milenial 4,39; dan Gen X 4,33.

Responden diberi pilihan spesifik media sosial yang dianggap paling memberikan informasi soal produk yang akan dibeli, ada YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan LinkedIn.

(Baca juga: Gen Z, Milenial, hingga Gen X Kompak Lebih Pilih Smartphone untuk Video Streaming)

Dengan menggunakan acuan skala yang mirip, yakni skala 1 (sangat tidak informatif) sampai 5 (sangat informatif), responden memilih YouTube dengan nilai 4,46; Instagram dan TikTok dengan nilai sama, 4,29.

Untuk Twitter diberi nilai 4,06; Facebook 4,02; dan LinkedIn 3,78.

"YouTube jadi media sosial paling informatif untuk (menjelaskan) produk menurut pengguna, diikuti oleh Instagram dan TikTok," tulis Jakpat dalam laporannya.

Jakpat menambahkan, 9 dari 10 pengguna merasa informasi tentang produk yang diperoleh dari media sosial membantu mereka dalam membuat keputusan untuk membeli produknya atau tidak.

Survei terkait media sosial sebagai sumber informasi produk melibatkan 3.720 responden yang menjawab pertanyaan secara daring melalui aplikasi selular Jakpat. Pengumpulan data dilakukan setiap bulan sepanjang 2022. Margin error di bawah 3%.

Jakpat belum mendefinisikan perbedaan ketiga generasi itu, tetapi mengelompokkannya berdasarkan usia. Di antaranya usia 15-19 tahun sebanyak 17% responden, 20-24 sebanyak 19%, 25-29 sebanyak 18%, 30-34 sebanyak 16%, 35-39% sebanyak 14%, dan 40-45 sebanyak 17%.

Dari usia itu, Gen Z sebanyak 54%, Milenial 36%, dan Gen X 10%.

(Baca juga: Pengguna Youtube India Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?)

Data Populer
Lihat Semua