Ini Peristiwa Nasional Tahun 2022 yang Paling Banyak Dicari di Google

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 16/12/2022 14:50 WIB
10 Peristiwa Nasional Paling Banyak Dicari di Google Berdasarkan Peringkat (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Google Year in Search 2022, peristiwa nasional dengan kata kunci 'minyak goreng' menjadi isu yang paling banyak dicari warganet Indonesia sepanjang tahun ini.

Harga minyak goreng memang sempat melonjak tinggi pada awal sampai pertengahan tahun 2022. Harga naik setelah terjadinya kelangkaan di pasaran, yang kemudian diikuti munculnya isu mafia minyak goreng dan pelarangan ekspor produk minyak kelapa sawit.

Kata kunci yang paling banyak dicari berikutnya adalah 'perubahan iklim' dan 'gempa hari ini'. Sepanjang tahun 2022 Indonesia memang dilanda banyak gempa bumi. Salah satu satu gempa yang memakan banyak korban tahun ini adalah gempa di Cianjur yang terjadi pada 21 November 2022 lalu.

Kemudian ada banyak juga orang yang mencari kata kunci 'gejala Omicron', peristiwa kerusuhan 'Kanjuruhan', hingga pencarian putra Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtaz (Eril) yang hanyut di sungai Aare di Swiss.

Berikut daftar 10 kata kunci peristiwa nasional yang paling banyak dicari di Google tahun 2022 berdasarkan peringkatnya:

  1. Minyak goreng
  2. Perubahan iklim
  3. Gempa hari ini
  4. Gejala Omicron
  5. Kanjuruhan
  6. Eril ditemukan
  7. Piala Presiden 2022
  8. Persib
  9. Holywings
  10. Lokasi vaksin Covid terdekat

Laporan Year in Search 2022 dari Google ini bertujuan untuk melihat hal-hal yang paling banyak dicari oleh warganet Indonesia selama setahun terakhir. Terdapat sejumlah kategori yang dimuat, seperti pencarian topik terbanyak, film  atau serial TV, lirik lagu, olahraga, peristiwa nasional, resep masakan, hingga tokoh yang paling membuat orang penasaran.

(Baca: Mesin Pencarian Google Sumbang Pendapatan Terbesar untuk Alphabet Inc)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua